Budidaya Tanaman Cabe Organik Dengan Polybag



 
Cabe merupakan salah satu kebutuhan kita sehari-hari terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dan rumah makan. Sehingga kalau gak ada cabe masakan kurang begitu sepesial  apa lagi bagi para pencinta kuliner  pedas. Selain itu cabe juga merupakan komoditas yang paling di minati bagi para petani untuk di budidayakan karena cabe dapat mendongkrak pendapatan yang sangat fantastis, namun hal ini berbanding terbalik  bagi Ibu-ibu rumah tangga dan para pedagang makanan apa lagi semua barang-barang sedang mengalami kenaikan yang sangat tinggi ini membuat kita harus lebih bijak dalam mengontrol pengeluaran terutama soal belanja. Nah kali ini saya akan berbagi tips-tips buat ibu-ibu rumah tangga dan parapedagang  makanan dalam memanfaatkan perkarangan rumah dan lingkungan didalam berbudidaya cabe organic mengunakan polybag sehingga dapat mengurangi pengeluaran untuk berbelanja sayuran terutama cabe. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam budidya cabe:

·         Pemilihan Lokasi Penanaman dan media Penanaman
Pemilihan lokasi tanaman sangatlah penting agar tanaman tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit. Hal ini dapat dilakukan dengan memastikan lokasi penanaman harus berpaparan dengan sinar matahari dan menaglami kelebaban yang setabil. Untuk mendapatkan mdia tanaman yang baik dan tahan dengan panas anda dapat mengunakan Tanah  bakar sebagai media penenaman. Dari pengalamn saya tanah bakar dapat menyipan air dengan sangat baik jadi hala ini dapat menjaga kelembabpan pada tanah dan menghindari tanaman dari kekeringan. Salin itu anda juga dapat mengunkan pupuk kompos atau limbah kotoran sebagai pupuk dasar pada media tanam.

·         Pemilihan Benih/Bibit Cabe
Untuk pemilihan bibit cabe anda  tidak perlu repot cukup membeli di toko penjual bahan-bahan pertanian dan banyak jenis bibit cabe dari bebagai produk dapat anda beli untuk harga cukup relative. Disini saya mengunakan bibit cabe rawit tetapi untuk bitit cabe anda bias mengunakan bibit cabe apa saja sesuai dengan selera anda.

·         Pembenihan
Sebelum memulai penenaman bibit cabe terlebih dahulu di semai atau pembenihan hal ini agar bibit waktu dipindahkan ke polybag dapat tahan dengan cuaca yang panas dan lebih mudah untuk hidup. Untuk melakukan penyemaian anda cukup menyiapkan tempat sesaui dengan jumlah yang akan anda tanam, penenanaman di perkarangan rumah anda cukup melakukan penyemaian dengan mengunakan pot bunga dan pastikan tempat penyemaian terhindar dari trik matahari dan pastikan lokasi penyemaian lembab.

·         Penanaman Bibit Cabe dipolybag
Melakukan pemindahan dipolybag anda harus memastikan tanah yang anda gunakan sudah memiliki pupuk dasar agar bibit dapat menyerap makanan dengan baik pada pertumbuhan 1 minggu pertama. Untuk pengunaan pupuk dasar anda bisa mengunakan pupuk kompos dan limbah kotoran hewan, sebelum melakukan pemindahan tanah pada polybag harus di gemburkan dulu seupaya mudah menyerap air dan mempermudah akar tanaman mencari makanan.

·         Perawatan Tanaman
Dalam melaukan perawatan anda cukup memberikan pupuk secara teratur, nah kalau untuk pengunaan pupuk saya mengunakan sisa makan, daging ikan dan kotoran hewan yang telah saya busukan selama kurang lebih 2 bulan. Takaran pengunan anda bisa mengunakan 500ML yang dicampurkan dengan 20 Liter air dan dapat digunakan untuk 70 sampai 100 batang cabe. waktu pemupukan anda bisa melihat pada kondisi tanaman dan bisa juga 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali dan pastikan kadar pupuk anda berikan harus tidak berlebih.  Untuk pencegahan pada penyakit anda bisa melakukan pengasapan pada tanaman, hal ini dapat menghindari tanaman cabe pada serangan hama belalang,penyegat dan sejenis nya. Jika untuk pencegahan penyakit cabe yang non Organik anda dapat mengunakan racun seranga.

Latest
Previous
Next Post »